FAQ Kemmas 1.0⬇️⬇️⬇️

Hallo manteman!! Kali ini aku bakal menjawab beberapa pertanyaan yang sering ditanyain sama teman-temanku dan banyak orang diluar sana mengenai proyek perpustakaan mini yang pernah aku dan kawanku dirikan. Sebenernya bukan didirikan si, tapi lebih ke ngasih buku di suatu tempat yang tepat aja.

Sengaja banget bikin FAQ biar temen-temen bisa tau sejarah awal sampe gimana sih dalem-dalemnya. 
Mari kita mulai!!!😁

1. Pas kemaren open donasi buku bacaan sebenernya itu acara apasih?
Jawab : Bakal panjang banget jawabannya wkwk. Jadi, awalnya aku dan temanku (Farkhan) timbul keresahan karena gabut selama liburan kuliah di masa pandemi. Si Farkhan ini nanya "Ada gawean ga nih?". Nah langsung kepikiran dan teringat karena kebetulan ada kakak tingkat ku  (Mas Agus) yang berhasil mendirikan perpustakaan di desanya. Langsung dong, aku sama Farkhan memutuskan untuk ikut bikin gerakan perpustakaan dan ngajak temen-temenku yang sekiranya mau. Setelah terkumpul beberapa orang kita mulai bikin poster dll trus disebar. Makin banyak yang nanya ini acara apaan. Dan dengan polosnya kami jawab "Ngga ada acara apa-apa sih, cuma pengen bikin perpustakaan mini aja,". Karena waktu itu emang tujuan kami cuma biar produktif dan bermanfaat buat lingkungan. Jadi, kesimpulannya ga ada acara apa-apa pada awalnya. Setelah disebar poster, banyak yang donasi, sukaaa bangetttt!!!!. Pas eksekusi juga adik-adik di Desa Banjurpasar antusias. Trus lama-lama kok banyak yang nanya-nanya dan tertarik ikut soalnya seru. Nah dari situlah kami akhirnya terpikir untuk membuat komunitas. Namanya Kemmas (Komunitas Kembali ke Masyarakat). Komunitas ini didirikan dengan tujuan agar mahasiswa asal Kebumen yang pulang ke rumah saat liburan tidak terus menerus merasa overthinking apalagi insecure karena saking tidak memiliki hal untuk dikerjakan. Tau sendiri lah ya, sekarang dimana-mana orang-orang kebanyakan insecure sa overthinking. Trus juga karena kami sadar mahasiswa kadang masih dianggap remeh sama orang-orang khususnya orang-orang di desa. Dah tu kayak ga ada manfaatnya buat lingkungan sekitar. Makanyaaa disini kami ingin berbagi kebermanfaatan. Biar orang-orang lebih paham, ini loh mahasiswa juga bisa bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Kan jadi sambil menyelam minum air, sambil biar ga gabut kita bikin manfaat buat banyak orang yekannn. 

Lanjut.

2. Kenapa bikin perpustakaan?
Jawab : Karena saat itu kami cuma kepikiran hal itu sih, kayak terinspirasi dari Mas Agus aja. Trus melihat anak-anak daripada main gawai tiada henti mending baca buku, biar makin luas wawasan. 

3. Kenapa di Desa Banjurpasar?
Jawab : banyak alasannya sih. Pertama, karena desa ini jauh dari kota. Kedua karena di desa ini belum pernah ada perpustakaan sebelumnya. Ketiga, kami mikirin perizinan aja biar gampang jadinya mumpung di desaku kan lebih gampang ngurus izin karena sama-sama kenal sama perangkat desanya. Ke-empat, meskipun sekarang semua serba daring tapi ga sedikit anak-anak yang tidak punya telepon pintar pribadi. Di desaku banyak bocil-bocil berkeliaran kesana kemari. Pas banget buat jadi sasaran selain main bersama teman bisa juga kan jadi membaca bersama teman.  Kelima, udah ada tempatnya (kami milih di pos ronda). Pos ronda di RT ku termasuk aman karena kalo malem banyak bapak-bapak yang ronda disana otomatis ga bakal ada kasus pencurian buku, dah tu kalo siang juga disana rame orang. 

4. Kan sekarang udah jadi perpustakaan, trus besok ngapain lagi?
Jawab : Nah karena sekarang udah ada perpustakaan, besoknya tentu kami ingin membangun lagi perpustakaan di daerah-daerah lain. Yang pasti berdasarkan analisis kondisi yang kami lakukan yaa. Eits, ga cuma perpustakaan, rencananya kami juga mau dan ingin melakukan kegiatan pengabdian yang lain seperti sosialisasi kebersihan dan kesehatan buat masyarakat di desa, bersih pantai, maupun belajar bersama adik-adik usia dini. Intinya yang berbau-bau pengmas deh!!!.

5. Kemarin biaya buat operasional dan lain-lain didapat dari mana tuh?
Jawab : Nah, kami kemarin membuka open donasi dalam bentuk rupiah juga buat mendirikan perpustakaan ini. Tapi, kebetulan operasional seperti kebutuhan lemari buku kami buat sendiri menggunakan kardus yang kuat sehingga biayanya tidak terlalu besar. Selain itu karena basisnya pengmas, kami sukarela menggunakan dana pribadi, jadi iuran gitu. Sekalian itung-itung donasi juga kan ya. Semoga berkah yang udah mau bantu yakk!!! 

6. Emangnya kegiatan bikin perpus ini efektif ya buat edukasi masyarakat?
Jawab : kalo ini, setidaknya kami memberi wadah dan sarana buat menjalin manfaat bagi sekitar. Soalnya ga sedikit orang yang sebenernya suka membaca tapi sarananya ga ada kan kasian. Dah tu juga membaca kan jembatan ilmu, buat anak-anak kalo digalakkan pasti ada ilmu yang bisa diambil.

7. Buku-buku hasil donasi apakah diletakkan di perpustakaan mini semua?
Jawab : Jawabannya tidak. Kenapa? Karena kami ada sasaran yaitu anak-anak. Jadi buat buku kategori anak-anak kami sortir dan kami letakkan di perpustakaan, selebihnya buat buku-buku kategori dewasa kami sumbangkan ke orang yang lebih bisa memanfaatkan. Misal juga kayak buku cetak sekolah menengah atas atau sekolah menengah pertama kami berikan kepada siswa SMA dan SMP yang membutuhkan buku materi tersebut. Selebihnya ada beberapa buku yang disimpan di rumahku dan rumah nafi untuk Next project. 

8. Kemmas kok ga ada struktur organisasinya ya?
Jawab : lucu sih ini, karena emang kita komunitas baru banget jadi emang belum ada struktur yang jelas tapii Alhamdulillah udah ada proyek yang jalan. Wkwk unik kan wkwk. Inshaa Allah bakal ada struktur organisasi yang jelasnya di next project mengingat sekarang udah banyak yang kuliah dan sibuk sama urusan akademik trus juga kami kerjanya khusus saat liburan tiba. Jadi tunggu aja yaaa!!!

9. Siapa aja yang boleh masuk kemmas?
Jawab : Mahasiswa yang ingin ikut pengabdian, asal dari kebumen, mau gawe bareng🤗, bisa kuliah dari mana aja, bahkan kalo bukan mahasiswa tapi pengen join, boleh bangettt!!! 

10. Kalo mau ikut kemmas syaratnya apa saja?
Jawab : Tunggu info dari kami yaa, pantau terus ig @kemmas.an . Next time bakal ada penjelasan lebih rinci pastinya. 

11. Kendala selama ngelakuin proyek perpustakaan ini apa aja?
Jawab : Alhamdulillah kami enjoy menjalaninya, dah tu banyak banget respon baik dari orang-orang. Trus yang donasi buku juga banyak. Paling ada beberapa buku yang terlalu banyak dan kurang diminati karena mudah lecek dan mudah robek (seperti buku LKS), jadi kami masih menyimpan buku-buku jenis tersebut untuk dipikirkan lagi kedepannya mau dibuat apa. Masalah izin kami juga tidak mengalami kendala karena beruntung Pak RT nya open bangett. Warga dan anak-anak apalagi, pas launching anak-anaknya seru dan antusias. Eiya, sama ini sih bukan kendala cuma kayak lebih jadi pengingat kita untuk berhati-hati kalau ada yang tiba-tiba minta transfer atas nama seseorang yang katanya udah donasi uang tapi malah motifnya penipuan. 

Nah, demikian temen-temen FAQ 1.0 dari khusus bahas Kemmas. Semoga menjawab keingintahuan temen-temen yaa!!!

Jangan lupa, kita adalah masyarakat yang sudah seharusnya kembali ke masyarakat. Yeyyy!!!!


 

Komentar