:"))

Adalah wajar ketika seseorang merasa tak baik-baik saja. 
Ditengah lockdown akibat virus corona, pagi ini aku yang belum bisa tertidur teringat seseorang yang sudah meninggalkanku dan keluargaku 5 bulan yang lalu. Seorang kakek yang sangat aku sayangi. 
:"))
Kenapa ya masih ada saja air mata yang tak bisa terbendung? Dikala bibir sudah berucap "Aku ikhlas," di dalam dada masih menyimpan berjuta kerinduan. Masih kuingat betul senyumnya dan sapaan sayangnya ketika aku mengunjunginya. Aku sangat dekat dengannya. Tak terasa ya, jika Allah mengizinkan sebentar lagi datang ramadan. Ramadan pertamaku tanpanya. Untuk nenek, aku sangat tahu, nenekku sangat kesepian tanpa kakek. Ketika aku mengunjungi nenek 3 bulan lalu, nenek tak henti bercerita mengenai "JIKA KAKEKMU MASIH ADA........". Wah, nenek kuat sekali ya. 

Tahun lalu aku pernah melihat sosok kakekku dengan wajah hampa. Duduk diantara kami sekeluarga, diam dengan tatapan tiada harapan. Hancur hati ini melihatnya. Kemarin, waktu aku akan beranjak pergi ke tanah rantau, untuk pertama kalinya aku menemuinya di rumah barunya. Tanahnya masih baru. Bersih tanpa ilalang. Dalam langkah menuju pemakaman aku menahan dengan sekuat tenaga agar air mataku tak jatuh. Sampai disana, hatiku berkata "Kek, maaf ya aku baru datang :"))" 

Hufft, setiap aku mengingatnya diwaktu sunyi, selalu saja disertai air mata yang jatuh dipipi. Tapi terkadang ada penenang untuk diriku sendiri. Sekarang kakek sudah bahagia disana. Sudah tenang, sudah tak lagi kesakitan setiap kali berbicara ataupun makan. Sudah mampu tersenyum. Aku yakin, Allah memberikan tempat terbaik untuknya. Kakek orang yang baik dan sangat sabar. 

Kek, aku kangen. Sekarang kalo kangen udah gabisa lagi ketemu di dunia ya. Udah gabisa lagi nonton tv bareng, salat jamaah bareng, atau yang paling favorit dipetikin kelapa muda depan rumah. Sekarang kalau kangen cuma bisa berdoa, mengirim doa buat kakek. :")) Nggapapa. Aku yakin kakek sudah bahagia. Beberapa kali kakek muncul dimimpiku, mimpi yang terbaik dikala aku rindu adalah ketika aku bisa memelukmu dalam mimpi :"))Wah bahagia sekali. Rasanya bau tubuhmu saja aku masih hafal. Kek, maaf ya, aku gabisa ajak kakek hadir diwisudaanku kelak :( Aku janji akan menjaga nenek sebaik-baiknya. Kakek jangan khawatir, nenek akan baik-baik saja. 
Al fatihah untukmu selalu spesial. 
With love
Gowi :"))

Komentar