Transisi ( Kuliah Offline - Kuliah Online)

Sebuah curahan hati seorang mahasiswa yang sudah hampir tigs semester berkuliah secara online. 

Hai semua!

Udah lama banget ngga nulis di blog ini. Kali ini aku mau cerita sedikit tentang perasaan yang aku rasakan terkait dunia perkuliahan yang aku jalani. Saat ini, aku akan beranjak menuju ke semester tujuh. Wah, semester tujuh, kebayang ngga tuh? Sejak pertengahan Maret 2020 kuliah yang aku jalani dialihkan menjadi kuliah secara online. Awal mula melakukan kuliah online rasanya aneh, kuliah dari kosan dan berlanjut kuliah dari rumah.

Bingung. Ya, awalnya sangat bingung. Karena saat itu kampus melarang mahasiswanya untuk pulang kampung tapi disisi lain semakin lama anak-anak kos semakin berkurang karena banyak yang pulang. Akhirnya setelah bertahan satu minggu di kosan, aku pulang bersama kawan-kawanku. Alih-alih perlu melakukan tes kesehatan, kala itu yang disyaratkan hanyalan pengecekan suhu. Memang rencana Allah tiada yang tahu. Awalnya aku sudah memesan tiket kereta pada tanggal 16 Mei tetapi ternyata takdir mengharuskan aku pulang ke rumah lebih cepat akibat pandemi.

Semester empat. Awal mula transisi kuliah tatap muka dengan kuliah online. Sedih. Kenapa? Rumahku masih berada di pedesaan yang asri dan banyak pepohonan rindang. Susah sinyal!!! Tak jarang aku keluar dari room meeting maupun skip kelas karena kesusahan mencari sinyal. Tetapi, Alhamdulillah kala itu aku menemukan suatu titik di rumahku dimana disitu terdapat cukup banyak sinyal. Tau dimana? Di pintu belakang rumah. Tak jarang pula aku duduk di pintu sampai larut untuk mengerjakan tugas. Banyak nyamuk :( dan sesekali ada tikus :( 

Sedih banget sih. Belum sampai situ, awal transisi perkuliahan membuat aku dan kebanyakan teman sering lupa absen karena absen diisi secara manual oleh masing-masing mahasiswa. Semester empat, kuliah berlalu begitu saja, semangat belajar tipis karena rumah terlalu nyaman. Dikit-dikit tidur, dikit-dikit ngantuk, dikit-dikit ada gangguan bocil-bocil berisik, dikit-dikit ujan dan susah sinyal. Capek. Eh, lebih capek. Kalo kuliah tatap muka seenggaknya masih bisa cerita-cerita sama temen kalau ada hal yang bikin bingung atau bisa curhat bareng dan berjuang bareng. Kerasa aja gitu perjuangannya kalo kuliah tatap muka. Liatin temen ngantuk di kelas, ditunjuk buat maju ngerjain soal, makan siang bareng temen, belajar bareng sebelum ujian, dan cerita suka duka kuliah bareng temen tuh bikin aku ngerasa ngga sendiri. Tapi, pas tiba-tiba kuliah jadi online mau chat aja kadang kekirimnya lama karena sinyal di tiap daerah beda-beda. Adaptasi juga sama aplikasi-aplikasi kuliah online. Ada yang tiba-tiba unmute, tiba-tiba nongol mukanya ngakak, ada yang ngga bisa join audio, pokoknya masih awam banget dulu tuh. Kalo buat aku yang malu nanya ke dosen, nanya ke temen adalaha kunci ketika ada yang bingung. Awal-awal kayak aku mikirnya "Yaudahlah pasti bisa inimah pake belajar baca buku doang juga pasti bisa,". Ternyata ngga semudah itu!! Akhirnya aku mulai membuka diri chat temen-temen yang lebih tau, nanya-nanya soal yang aku bingung, minta penjelasan, dan alhamdulillah ada grup diskusi kecil-kecilan. 

Buat kalian temen-temenku yang membersamai perjalanan kuliah onlineku, Luv u all!!! 

Semester lima, aku pergi ke tempat kakak di Tangerang. Kalo di tangerang ngga khawatir susah sinyal, terlebih ada WiFi. Disemester lima, kembali lagi dengan kuliah online, sudah banyak yang mampu menyesuaikan. Platform kuliah terstruktur dengan baik, dah ga ada yang bingung cara openmic maupun opencam, aplikasi semakin beragam dan dapat ditangani, udah sadar dan saling ngingetin buat absen, sering banget terhubung sama temen-temen kelas buat bagi info perkuliahan atau sekadar saling berbagi ilmu buat belajar bareng, videocall temen biar ga stress, dan masih banyak lagi. Intinya ngerasa udah mulai bisa beradaptasi sama kuliah online tapi, tetep ngerasa lebih capek. 

Bangun pagi, dari jam 7 sampai jam 17.00 bahkan ada yang sampe 18.00 di depan laptop atau hp. Berasa istirahat 10 menit aja cepet banget. Padahal kalo di kampus, istirahat 10 menit masih bisa beli makan di gedung sebelah. Kalo kuliah online beda lagi. Pegel duduk, capek mata, capek telinga, capek tangan, ya bahasanya hayati lelah. Ngga heran si sestress apa orang-orang yang punya kendala sinyal. Ngga ada kendala sinyal juga stress sih. Ngga heran juga sejenuh apa pas kuliah online. Ngga heran banyak temen yang curhat di sosmed (termasuk aku nih lagi curhat). Tapi juga ternyata kita bisa ngelewatinnya kan? WOW!!!

Stress pas dijalani, capek, kurang tidur mata lelah, badan pegel, huah pokoknya campur aduk deh. Pen refreshing gitu kalo lagi jenuh. Ditambah urusan organisasi juga beralih jadi online. Hypenya agak kurang sih tapi tetep seru karena beberapa organisasi yang aku ikuti sangat kreatif. Huhu bersyukur banget. Tapi, ada juga organisasi yang malah jadi monoton gajelas karena online dan belum terstruktur dengan baik gitu, huhu sedih. Di semester lima yang penuh dengan laporan praktikum, aku pindah ke tempat tetanggaku. Tetangga tapi deket dan baik banget, aku diizinin buat tinggal di kontrakannya di Yogyakarta. Meskipun ngga ada WiFi, tapi sinyal lancar dan biaya hidup bisa hemat, huhu Alhamdulillah. Pindah ke Jogja sedikit membuat pikiran yang stress di semester lima terobati dengan suasana baru. Jadi kalau versi aku, cara ngobatin stress dan jenuh adalah cari suasana baru! 

Semester enam. Kembali ke Jogja tapi kali ini cuma sementara. Kenapa? Di pertengahan kuliah tetanggaku yang sangat baik (lagi-lagi bersyukur) memasang WiFi dan aku diberikan keuntungan untuk menumpang kuliah dengan WiFi tetangga. Baik banget kan. Eits, tapi kenapa saat aku pulang ke rumah sering mati listrik. Sedih pake banget. Kenapa juga mati listrik pas lagi ujian. Mana laptop harus selalu sambil dicharger lagi. Padahal dulu semester empat jarang banget mati listrik. Stress(lagi). Masih ngga kehabisan akal, aku kuliah numpang di rumah teman yang jauh dari ancaman mati listrik. Terima kasih kepada teman-teman yang sudah bersedia aku tumpangi sementara waktu ketika kuliah maupun ujian. Kalian super baik. Terima kasih juga buat orang yang kemaren laptopnya aku pinjem buat kuliah karena laptopku ngga mampu instal aplikasi tertentu. Luv!!!

Setelah paham kalau WiFi saja tidak cukup, tetapi perlu adanya listrik. Aku semakin cakap berkabar dengan temanku yang juga merasakan susahnya sinyal di desaku untuk memantau instagram PLN di daerahku. Meskipun sudah ada pemberitahuan sebelumnya, pernah suatu ketika ngga jadi mati listrik padahal udah siap-siap pergi ke tempat makan atau rumah temen buat ngehindar. Yah, diprank PLN. Tapi, karena parno banget sama "tiba-tiba mati listrik pas ujian", ketika masa-masa ujian tiba solusinya adalah pergi ke rumah temen yang ada sinyal dan aman dari mati listrik alias pergi ke kota. Begitulah masa kuliah onlineku berjalan. 

Ngerasa banget masih kurang cerita dan kisah di kampus yang pengen dan harusnya aku lakukan. Kangen banget nonton acara-acara kampus yang rame. Kangen banget makan jajanan kampus yang kebanyakan mahal tapi enak. Kangen banget ke perpustakaan kampus meskipun ujung-ujungnya nyaman buat tidur. Kangen banget makan bareng temen sambil cerita-cerita tentang perkuliahan duniawi. Huhuhu, intinya kangen dan sedih banget harus begini. Ngrasa perlu banget ngukir kisah di kampus tercinta eh tiba-tiba udah semester tua. Doakan aku ya!!!

Aku yakin, ada yang sudah terlanjur nyaman dengan perkuliahan online ini dan ada juga yang merasa hampa karena masih ada hasrat aktif di kampus yang ingin dipenuhi.

ELD

Komentar