Tidak masuk dalam kuota daftar SNMPTN? Tenang, hidupmu masih akan baik-baik saja.

Buat kalian yang tidak dapat ikut mendaftar melalui jalur SNMPTN jangan mengklaim dengan kesimpulan bahwa kalian bodoh.  Justru kalian termasuk dalam golongan manusia-manusia yang beruntung. Loh kok beruntung, kan jadi perlu repot-repot ikutan tes? Hmm jadi gini ya sob, menurut saya anak-anak yang tidak mendapat kuota daftar SNMPTN tentu akan lebih banyak perisapan masuk PTN daripada anak-anak SNMPTN. 
Jadi kalian jangan sampai terpaku pada jalur SNMPTN ya, kalian harus tau kalau jalur masuk PTN itu tidak hanya melaui SNMPTN. Masih banyak jalur lain sob, ada SBMPTN dan Ujian Mandiri yang biasa diselenggarakan oleh banyak universitas di Indonesia. Jadi, peluang kalian masih ada, maka dari itu jangan buru-buru menyerah begitu saja.

Ketika kalian tidak dapat mendaftar SNMPTN, jangan berlebihan menyikapinya. Buka pandangan kalian, perluas wawasan kalian, jalur masuk PTN yang lain tuh masih banyak. Jangan terpaku pada satu jalur saja. 
Saran saya, buat kalian anak-anak kelas 12 mulailah mencari-cari informasi melalui jalur masuk perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Beneran hal itu tidak ada ruginya. Kalian jadi lebih paham dan tentu akan lebih mempersiapkan.

Buat yang mikir kalau ikutan tes-tes masuk perguruan tinggi kan bayar, terus juga butuh bimbel, males deh. 
Sobat, untuk mendapat suatu hal yang besar kita membutuhkan pengorbanan yang besar pula. Lagian kalau kalian pandai cari-cari informasi ada kok tes masuk perguruan tinggi yang gratis, misalnya kalau kalian daftar SBMPTN dan kalian juga mendaftar bidikmisi nanti tesnya gratis kok. 
Kemudian untuk masalah bimbel, kalian tidak wajib mengikuti apalagi memaksakan diri ikut bimbel ketika ada kendala ekonomi misalnya, masih ada cara untuk mengatasi masalah bimbel. Jika mungkin keadaan ekonomi keluarga kalian mencukupi ya tidak ada ruginya kalian ikutan bimbel masuk perguruan tinggi. Namun, jika tidak kalian bisa tuh minta ajarin kakak kelas yang berpengalaman, minjem-minjem buku kakak kelas tentang tes masuk perguruan tinggi dan mempelajarinya sendiri, atau kalau mau yang lebih efektif kalian bisa minta ajari oleh teman kalian yang ikutan bimbel dengan membuat kelompok belajar. 
Ini nih yang kadang susah, biasanya ada anak yang pelit ketika kita minta diajari. Hmm, sobat kita hidup di dunia ini tidak sendirian. Berbagi ilmu itu tidak akan mengurangi kecerdasan otak kalian malah hal itu akan membantu kalian mengukur seberapa paham kalian mengenai ilmu yang kalian ajarkan. Jadi saya mohon kepada siapa saja yang membaca post ini, jangan perah pelit berbagi ilmu. 
Kalau ada yang mikir "Nanti percuma dong kita susah-susah ikut bimbel yang mahal eh mereka enak minta ajarin dan gratis". Singkatnya begini, jika kalian memberi dengan ikhlas maka Tuhan akan membalas. Niatkan semua itu untuk tujuan sedekah, maka segalanya akan menjadi berkah. Ingat ya, banyak kawan kalian yang tidak seberuntung kalian. Mereka tidak bisa ikut bimbel karena alasan finansial misal. Untuk itu, saling membantu di masa-masa pelajar tingkat akhir dalam mendapat perguruan tinggi itu penting. Percaya saja, ketika kalian membantu kawan kalian maka sekecil apapun itu kalian telah menggoreskan jejak dalam perjuangan kawan kalian yang tidak akan mereka lupakan. 

Kalian itu pejuang, maknanya kalian harus berjuang. 
"Jalan kesuksesan setiap orang itu berbeda, tidak perlu silau melihat kesuksesan orang lain," -DR.
Jadi buat kalian yang tidak mendapat jatah daftar di SNMPTN, jangan berduka karena ketika kalian pandai melihat peluang ke depan kalian pasti akan menemukan jalan. Di depan masih banyak jalur masuk perguruan tinggi yang dapat kalian ikuti. 

Saran saya pandai-pandai mencari informasi dan pandai-pandailah mempersiapkan diri. Ketika yang lain bersantai dan kalian masih berjuang jangan risau sobat, bersantai itu ada waktunya. Ketika hari ini kalian masih harus berjuang, berjuanglah!!! 
Jalan masih panjang, terlalu sia-sia jika kalian terlalu lama berdiam diri tanpa perjuangan yang berarti.

Selamat Berjuang Sobat
Topanglah raga dengan kaki yang kuat
Pandanglah semesta dengan segala nikmat
Jangan sampai kalian tersesat
ELD

Komentar