Mau kuliah dimana?

Hai sobat, salam semangat untuk semua yang membaca artikel ini. Kali ini entah ada angin dari mana saya ingin membagikan ilham yang baru saja masuk ke dalam pikiran saya. Saya rasa artikel ini dapat memberikan faedah kepada pembaca terutama bagi siswa kelas XII yang sedang bimbang mau lanjut studi kemana.

Mungkin awal masuk SMA kalian tidak bimbang memikirkan besok mau lanjut kuliah dimana ya? Atau besok mau kerja dimana ya? Memang awal masuk SMA siswa akan lebih terpojok kepada dunia baru dan adaptasi baru. Lanjut ke tingkat berikutnya tahun kedua di SMA. Banyak yang bilang di tahun itu adalah tahun nakal-nakalnya dan bebas-bebasnya. Buat kamu yang setuju sama pernyataan tersebut bisa tuh komen dibawah sembari menyertakan alasannya ya sob. 
Nah, setelah masuk ke tingkat akhir nih di awal semester sekolah masih terasa biasa, tetapi lama kelamaan banyak hal-hal yang membuat kalian berpikir jauh ke depan. 

Mungkin banyak yang sibuk nyari bimbel, sibuk nyari les privat, sibuk belajar sendiri, dan sibuk-sibuk yang lain. Memang rasanya kelas 12 itu sibuk dalam tajuk BELAJAR. Sebenarnya simpel, untuk hasil yang besar tentu perlu usaha yang lebih besar kan?
Mulai dari datangnya try out atau dulu kalo di SMA saya namanya TUC ( Tes Uji Coba ) sampai jadwal-jadwal ujian praktik, ujian sekolah, sampai ujian hidup ( aduh malah jadi gini ).
Mungkin di pertengahan semester masih banyak diantara kalian yang belum memikirkan mau lanjut kuliah dimana, eits tapi dalam hal ini tentu ada yang sudah memikirkan matang-matang dari jauh-jauh hari. 

Nah, saya harap saat kalian membaca artikel ini kalian masih ada di awal semester kelas dua belas entah SMA maupun SMK. Suatu hal tentu akan berhasil atas strategi dan usaha yang matang. Sekedar berbagi suatu pengalaman, saya sendiri dulu waktu kelas 12 awal masih belum terlalu mengambil pusing masalah kuliah. Namun, keadaan memojokkan saya untuk lebih mendalami apa itu PTN, Fakultas, dan tentu mendalami mimpi saya. 

Hidup terus berjalan dan masa depan tiada yang dapat menyangka dan mengira-ira. Namun, dalam hidup kita perlu rencana. Jadi saran saya rencanakan hidup kalian dari jauh-jauh hari. Hal itu penting sebagai pegangan kalian ke depan. Jika ada yang bertanya untuk apa sih merencanakan toh biarkan berjalan apa adanya? Hmm jadi gini sob, ke depan tentu kita akan banyak dihadapkan oleh banyak pilihan. Tentu agar tidak salah pilih, kita harus pandai mengatur jalan kita. Jadi sekarang kalian pikirkan mimpi kalian dan pikirkan bagaimana cara untuk menggapainya. 

Nah, dari awal kalian harus sudah punya pemikiran mau jadi apa saya kelak? Bagaimana saya menjadi seperti mimpi saya? Setelah paham dengan kemauan diri sendiri dan keinginan diri silahkan kalian konsultasikan kepada Ibu dan Bapak. Bagian ini nih terkadang yang sulit. Sobat pasti tau kan bahwa Ridho Alloh adalah Ridho orang tua? Pengalaman sih dulu ada teman saya yang mimpinya harus beralih ke mimpi lain karena orang tuanya yang menyuruh. Hmm bukan bermaksud menyalahkan ortu ya. Memang orang tua ingin yang terbaik untuk sang anak. Namun, kepada semua orang tua di dunia ini cobalah mengerti juga keinginan putra-putri kalian. Mereka punya mimpi yang harus mereka rampungkan. Tentu kalian tidak mau mereka gagal bukan? Jadi, mencobalah memahami dan saling pengertian, dukung mereka, doakan mereka dengan sepenuh hati. Jika mereka benar-benar serius dalam mimpi itu tentu Tuhan tak akan membalas dengan suatu kesia-siaan. 
Semoga saja semua orang tua kalian memahami keinginan kalian dan mimpi kalian ya sob. Aamiin. 

Setelah kalian mendapat Ridho orang tua, hal selanjutnya adalah berpikir tentang studi lanjut. Carilah banyak-banyak informasi tentang studi lanjut dengan bidang yang kalian minati. Misal kalian ingin menjadi Manager cari info-info tentang managemen dan universitas-universitas yang memiliki fakultas ekonomi dan bisnis yang bagus. Saran saya sih kalian jangan terpaku pada suatu universitas. Semua universitas bagus sob tinggal kitanya yang menentukan mau bagaimana mengembangkan diri di universitas itu. 
Setelah kalian dapatkan nih info-info universitas yang memiliki fakultas sesuai dengan keinginan kalian boleh tuh kalian jadikan motivasi ke depan. Hal itu sebagai acuan agar kalian ke depan tidak pusing harus bagaimana. 

Setelah itu akan kalian temui jalur-jalur masuk PTN, ada SNMPTN, SBMPTN, UM, dan sebagainya. Dalam SNMPTN bagi kalian yang berhak dan beruntung bisa tuh mendapat kesempatan masuk PTN tanpa tes. Kalian bisa masukkan pilihan kalian saat mendaftar pada jalur ini. Namun, kalian diharapkan jangan terlalu optimis diterima di jalur ini ya sob. (Inshaa Allah bakal aku jelasin lebih lanjut di post selanjutnya mengenai SNMPTN). 
Kehidupan akan berjalan dan karena tidak ada yang tau ke depan maka kita perlu banyak persiapan. Begitupun masuk kuliah. Tentu kalian harus banyak perisapan mengenai SBMPTN, UM, dan jalur tes masuk kuliah yang lain. Jadi jangan terlena dulu di masa SMA ya. 

Satu hal yang kalian harus pahami dalam memilih jurusan, fakultas, ataupun universitas. Semua universitas itu bagus sob. Tidak ada yang jelek. Jadi, jangan terpaku pada universitas yang kalian anggap paling bagus atau paling keren sehingga membuat kalian harus bisa diterima di sana. Mungkin, jika dalam kondisi yang normal hal itu boleh-boleh saja sebagai motivasi. Namun, bila ada ambisi yang berlebihan tentu tak akan baik. 
Dalam hal ini, bukan darimana kalian berasal, tetapi bagaimana cara kalian mengembangkan diri dengan potensi dan mimpi yang masih di angan untuk segera berada di tangan. Seperti kata seorang kakak kelasku dulu "Pendidikan bukan ajang untuk bergengsi"-AS. Nah, bukankah kalian memgejar mimpi karena kalian percaya kepada mimpi kalian? Jadi, raihlah mimpi dengan cara yang baik dimanapun tempat kalian menimba ilmu demi mimpi itu. Dimana saja, usahakan yang terbaik.

Menurut saya pemilihan jurusan yang baik atau fakultas yang baik itu lebih utama ya sob daripada lebih dulu memilih universitas sebelum tau mau masuk fakultas dan jurusan apa. Jadi saran saya bagi kalian yang masih bingung mau pilih universitas mana lebih baik cari tahu dulu kalian mau masuk fakultas dan jurusan apa ( mengenai cara mengenali diri sendiri kemungkinan juga akan saya jelaskan di post selanjutnya, hehe ). 

Ketika ditanya Mau Kuliah Dimana? Pastikan kalian sudah memiliki jawaban yang tepat. Karena secara tidak langsung orang yang bertanya akan mendoakan kalian jika kalian minta. Indonesia punya banyak universitas loh sobat. Jadi kalian jangan merasa lesu dan bingung di masa tingkat akhir SMA ini. Maksimalkan kemampuan diri dan banyak-banyak cari info universitas-universitas. Jadi tidak asal masuk dan asal diterima. Rencanakan dari awal!

Singkatnya Kenali Mimpi dan Diri > Minta Restu Orang Tua > Cari info Universitas dan jalur-jalur masuknya > Persiapkan segala sesuatu karena segala kemungkinan dapat terjadi. 
Eits, tapi tetap fokus juga sama ujian-ujian di kelas 12 ya sob. 

Ke depan jika kalian sudah punya rencana, jangan lupa perbanyak doa kepada yang Maha. Karena tanpa-Nya kalian tidak ada apa-apanya. 

Waduh kayaknya ini udah kepanjangan banget sob. Jumpa lagi di post selanjutnya ya.
Selamat Berjuang Ria
Semangat Menggapai Asa
Semoga kalian dimudahkan dalam perjalanan menggapai asa. Aamiin.
ELD

Komentar