KIAT BELAJAR UNTUK KELAS 12 (PART 1)

Apa kabar para pelajar tingkat akhir? Udah siap UN? Udah siap SBMPTN? Udah siap UM?  Seberapa banyak persiapan kalian di kelas 12 ini?

Hmm, menjadi pelajar tingkat akhir memang sudah harus akrab dengan yang namanya belajar ( ya iyalah dari dulu sampai sekarang kewajiban seorang pelajar ya belajar -__- ). Buat kalian yang masih mencari-cari cara agar belajar menjadi lebih asyik, efektif, dan menyenangkan, kalian bisa simak kiat-kiat yang akan saya berikan. Semoga dapat memberi faedah dalam hidup kalian yaaa.

Pertama dan yang paling utama untuk mengawali belajar yang harus kita lakukan adalah niat dan doa. Awali belajar kalian dengan niat beribadah maka nantinya akan berbuah berkah (aamiin). Kemudian berdoalah agar kalian terhindar dari godaan-godaan ketika belajar. Saya paham, zaman semakin maju dan godaan dunia maya lebih menggugah daripada godaan dunia nyata. Yeuh.

Kedua, pastikan kalian berada di posisi yang nyaman ketika belajar. Suasana yang nyaman dan tempat yang nyaman akan membuat pikiran kalian juga nyaman. Fokuskan pikiran dan pastikan kalian dalam kondisi rileks dan tidak lelah. Kalau misal kalian lelah, jangan dipaksa ya dik adik. Lelah? Ya istirahat. Jangan dipaksa. 

Kalian harus tau bahwa belajar itu merupakan suatu proses dari tidak tau menjadi tau atau tidak paham menjadi paham. Jadi semacam mempertimbangkan masalah kualitas daripada kuantitas. Percuma kan kalo belajar mati-matian lelah tetep dipaksa sampe larut tapi nanti yang masuk ke otak cuma secuil terus badan juga jadi lelah. Mending belajar sebentar dengan posisi yang nyaman agar ilmu dapat terserap lancar.

Begini ya, sebenarnya semua cara belajar dengan nyaman seseorang tergantung orang itu sendiri. Di kelas 12 ini kalian sudah harus memahami diri kalian sendiri tentang bagaimana sih caraku mudah memahami sesuatu. Apakah dengan melalui audio, video, atau tulisan. 
Buat kalian yang suka dengerin materi lewat audio, nonton pembelajaran lewat video, maupun hafalan melalui tulisan, lakukan hal itu, lakukan hal yang kalian anggap paling nyaman. Tapi, bagi saya pribadi belajar ya tetap dengan prinsip Paper For Life karena menghindari kepincut ingin terus-terusan mainan gawai.

Semacam membagi pengalam pribadi ya sob. Dulu saya sering mengantuk di kelas dan hal tersebut sudah barang tentu membuat saya tidak fokus belajar di sekolah jadi pastikan kalian tetap memiliki porsi tidur yang cukup ya. Saya dulu suka sekali begadang. Memang  kalian terkadang akan menjumpai tugas menumpuk yang harus diselesaikan secepatnya. Mau tidak mau ya begadang. Tapi saya sarankan untuk tidak begadang. Loh? Gimana caranya? Nah ini nih yang jadi tugas kalian. Mengatur waktu dan prioritas dengan baik. Misal ada jam kosong tapi gurunya ninggalin tugas. Kalian jangan terus bersantai dan nanti-nanti ngerjain tugasnya, justru itu waktu kalian untuk menyikat sampai habis tugas dari guru. Beneran tidak ada ruginya hal itu dijalankan. Bahkan kalau ada sisa waktu bisa kalian gunakan untuk belajar atau istirahat sebentar kan. Jadi saya sarankan di kelas 12 ini jangan sok songong terlena sama keadaan. Mau main-main di kelas 12? Sana pulang saja! Tsadessst.

Kelas 12 memang perlu kita tekuni dengan serius tapi santai. Jangan sepaneng. Belajar mulu juga tidak terlalu saya sarankan karena otak punya rasa jenuh juga. Kalian harus benar-benar paham kondisi otak kalian. Jangan dipaksa. Boleh lah sekali-kali cari suasana baru. Refresh otak kalian dengan hal-hal positif. Katany generasi milenial pasti kalian punya cara merefresh otak kalian dengan hal-hal positif kan. Bisa tuh kalian melakukan hobi kalian untuk menyelingi kepadatan belajar. Bermain musik, membaca novel, main game, bersepeda, intinya hal-hal yang membuat kalian refresh.

Kiat selanjutnya dari saya agar belajar lebih menyenangkan di kelas 12 ini adalah belajar kelompok. Jadi kalian bikin tuh kelompok belajar sama teman kalian. Nanti kelompok tersebut bisa menjadi wadah kalian untuk saling mengajari materi yang belum kalian pahami satu sama lain. Ingat ya bertanya tidak harus selalu kepada orang pintar tetapi kepada orang yang lebih tau. Beneran sangat berfaedah sekali mengenai kelompok belajar ini. Misal dihari libur kalian kumpul-kumpul belajar sambil main atau sepulang sekolah kumpul belajar sebentar. Buat yang merasa lebih paham materi jangan pelit memberi ilmu ya. Buat yang merasa belum paham materi juga dilarang gengsi bertanya. Mau gengsi? Silahkan saja kalau  mau tertinggal.

Untuk kiat belajar selanjutnya akan saya jelaskan di PART 2 ya.

Sampai bertemu di PART 2.
ELD

Komentar