Adalah ketika...

Kamu tahu hal yang paling menyakitkan dari seorang penulis sekaligus membahagiakan (?)
Adalah ketika ada seseorang mengutip sesuatu hal dari apa yang ia tulis namun seorang tersebut tak mencantumkan siapa penulisnya. Bukan bermaksud sombong, tapi mencobalah untuk mengerti jika membuat sebuah karya melalui untaian kata terkadang tidak mudah. Terlebih sebuah karya besar. Bahkan kalian pun sakit hati juga kan ketika perkataan kalian atau ide kalian dicuri oleh orang lain tanpa mencantumkan nama kalian (?)
Siapa pun itu, entah penulis terkenal maupun penulis pemula atau bahkan penulis yang hanya menulis di buku hariannya pasti kecewa dan bahagia pula ketika mendapati tulisan yang ia buat dikutip oleh seseorang tanpa mencantumkan siapa dalang dari tulisan itu. Jangan berbuat demikian hanya untuk terlihat keren di mata orang banyak. Berkaryalah semampu diri kalian, karena karya yang benar-benar hebat bukan berasal dari karya orang lain, melainkan karya dari diri sendiri.
Mengertilah kawan, penulis-penulis maupun penyair memang bukan orang-orang yang penting dan selalu terpampang di layar kaca, tapi mereka adalah orang yang penuh inspirasi terselubung dan menunggu terkuak saja. Dan cara untuk menguakkannya bukanlah dengan mengutip tulisannya tanpa mencantumkan siapa penulisnya, lantas pantaskah yang si pengutip dipanggil pencuri (?)
Kamu tahu hal yang paling menyakitkan bagi seorang penulis sekaligus membahagiakan baginya (?)
Adalah ketika karyanya dicuri sekalipun secuil oleh orang lain tanpa ada tanda terima kasih. Jika kalian ingin mengutip ataupun mempublikasikan sesuatu yang bukan perkataan maupun karya kalian, cantumkan siapa pencetusnya. Bukan semata agar membuat terkenal tapi hal tersebut adalah sebuah tanda terima kasih akan sebuah karya besarnya.
Kamu tahu hal yang paling menyakitkan dari seorang penulis sekaligus membahagiakan (?)
Adalah ketika sebuah karya kecilnya melayang dengan stempel pencipta selain dia.
Jangan lakukan itu kawan, kalian tidak tahu jika itu menyakitkan. Sangat.
ELD

Komentar