MANUSIA YANG MENYEDIHKAN

Selamat malam wahai para pejuang. Pejuang hidup yang memang keras. Meski sekeras batu namun dapat terkikis jua. Akhirnya setelah sekian lama (sebenernya ngga lama juga sih) aku kembali. Menuai hal hal yang aku pikirkan. Terkadang mengesalkan ketika aku ingin menulis sesuatu namun koneksi buruk menimpaku.

Aku kembali, dengan secuil cerita yang muncul dibenakku. Memeng aku bukan penulis handal.

Kamu tau (?) Kapan seseorang terlihat sangat menyedihkan (?) Baik fisik maupun psikis (?) Seorang yang tidak pernah memahami orang lain dan selalu menganggap dirinya benar adalah orang yang menyedihkan. I feel sorry for them. Ya, sangat menyedihkan. Padahal kita sama sama tau, kita adalah manusia. Tempatnya salah, namun tentu manusia yang berakal sehat akan selalu berpikir untuk sebisa mungkin menghindari apa itu salah.

Jika kamu tidak mau terlihat menyedihkan, mencobalah mengerti keadaan, mengerti perasaan orang lain, mencobalah berpikir sewajarnya. Kita sama sama pernah berbuat salah, sama sama pernah berbuat dosa, ikhlaskan, maafkan, dan pahamkan.

Jika kamu tak ingin disakiti, jangan menyakiti. Temanku pernah berkata "Tidak apa aku melalakukan hal ini, sekalipun banyak yang tak suka, asalkan apa yang aku lakukan tidak mengganggu orang lain," -Kaisar Pradipta Bhagaskara.

Right (?) Lakukan apa yang ingin kalian lakukan, tak peduli yang lain suka maupun tak suka. Suka dan tak suka adalah hal yang wajar. Jalani, selagi itu tidak mengganggu orang lain.

ELD

Komentar