KARENA KITA ADALAH MANUSIA

Selamat siang para pejuang masa depan.
Yang berjuang dengan versinya masing masing. Yang sejatinya dunia ini lucu, kita semua pasti tau bahwa satu satunya dzat yang paling benar di dunia adalah Tuhan. Bahkan tidak ada satu pun keraguan dari-Nya.

Sungguh terkadang ada hal yang membuatku terkekeh. Modern ini dengan segala rupa kemajuannya malah manusia semakin tak mementu, tak tau mana yang harusnya dimaklumi dan mana yang harusnya dimaklumi.

Maklumilah sebuah pendapat, kesenangan, bahkan ketidaksenangan orang lain karena suatu hal. Sekalipun yang orang lain sukai adalah hal yang kamu benci. Sekalipun hal yang orang lain sukai adalah hal yang benar benar kalian benci.

Kebaikan yang hakiki adalah ketika kalian menghargai sesama, bukan membenci. Singkatnya begini, jika kalian tidak ingjn hal yang kalian sukai diremehkan, jangan meremehkan orang lain. Hargai mereka jika kamu ingin dihargai. Hargai apapun kehendak maupun pendapat orang lain.

Anggap saja begini. Jika orang lain merasa sedih, senang, marah, benci, maklumilah. Itu kehendak mereka. Lakukan segala hal yang kamu bisa dan kamu mau selagi hal itu tidak menyakiti orang lain.

Jalani hidupmu sendiri, dan cobalah mengerti orang lain. Menghargai kehendak, kesenangan, maupun pemikiran orang lain sekalipun semua itu bertolak belakang dengan kesenangan diri kita sendiri. Bukan karena pencitraan semata namun semata karena kita adalah manusia.

ELD

Komentar