SEWAJARNYA

Jadilah manusia sewajarnya. Jika hari ini jalan itu menghendakimu berhenti, maka berhentilah. Jika hari ini kau harus belajar, belajarlah. Jika kamu takut buanglah takut itu.

Jika memang kamu menyukai seni, berkaryalah. Hargai juga karya orang lain, ingat menghargai karya orang lain, menghargai petuah orang lain bukan berarti kamu harus mencurinya. Bayangkan jika karyamu yang telah kau elu elukan, yang kau buat sepenuh hati dengan entengnya dicuri, wah mudah sekali pihak lain mencuri. Sedangkan yang berjuang bisa apa (?)

Jadilah manusia sebagaimana diharuskan. Ini hidup yang mebgharuskan seseorang berjuang, jadi berjuanglah. Jika kamu lelah, akan ada saatnya kamu berhenti. Jika bukan sekarang kamu beristirahat, bersabarlah sebentar.

Jika hari ini kamu masih remaja, belajarlah terus. Jadilah remaja yang sewajarnya. Tau apa yang harusnya diketahui dan paham apa yang harusnya dipahami. Jangan menjadi orang yang dewasa sebelum waktunya . Bersenang senang (?) Nanti akan ada waktunya. Jika waktu ini mengharuskanmu berjuang mengeruk ilmu, jangan malah kau bersenang senang dulu. Jangan terbuai oleh manisnya rayuan, karena kamu tak tau rayuan mana yang benar dan mana yang palsu.

Jika yang lain melihatmu sebelah mata, biarkan. Jika yang lain memandangmu tak tau caranya menikmati masa remaja,diamkan. Bukan tak tau caranya bersenang senang. Hanya saja ini belum waktunya. Apakah ada jaminan jika saat inj kita bersenang senang dan esok kita akan sukses (?) Bahkan yang saat ini belajar dengan keras, tidak ada jaminan pasti kedepan akan berjalan mulus. Untuk itu berjuanglah selagi masih muda. Tambah ilmu sebanyak banyaknya selagi neuronmu belum menua dan mati serta hilang dalam memori.

Karena nyatanya, jika ada usaha dunia tak akan berbohong. Tuhan tau mana yang bersungguh sungguh dan mana yang meninggalkan kesungguhan. Dan sungguhpun dunia tau siapa yang benar benar berjuang.
Guruku pernah berkata "Siapa saja yang merasakan keprihatinan terbesar, kelak ia akan merasakan kesuksesan yang luar biasa,"  . Jangan menuntut semuanya ada. Karena ini bukan masalah materi. Jika hari ini kalian diharuskan untuk prihatin, jalani saja dengan ikhlas.

Jadilah remaja yang sewajarnya. Mengenal cinta (?) Itu bunga masa muda. Tenang, itu masih wajar asalkan jangan melampaui batasnya.

Jadilah manusia yang sewajarnya. Seakan kau ingin menangkap angin yang nyatanya tidak dapat kau tangkap, bersungguh sungguhlah. Berkaryalah selagi masih ada usia.

Jika kamu masih bernafas hari ini, jadilah manusia yang sewajarnya, sekarang dan untuk seterusnya.
ELD

Komentar