BERKACA

Nyatanya dunia memang lucu. Banyak yang berkata ini itu. Banyak yang mengatakan itu salah, tapi kenyataanya mereka tak tau. Tak tau mengapa seseorang melakukan suatu hal. Hanya sekedar berkomentar tanpa tau apa yang benar.

Jika pemikiran semudah itu, akankah semua menjadi benar pada tempatnya (?) Akankah semua jadi salah seperti seharusnya (?) Nyatanya tidak. Yang bertindak sok tau sering melebihkan sesuatu.

Sekarang kutanya suatu hal. Jika kita berkomentar akan seseorang, sudahkah kita lebih baik dari seseorang itu (?) Sudahkah kita berkaca.

Jangan suka berkata, ya aku akan berubah tetapi nyatanya tetap sama. Jangan suka berkata YA jika kenyataannya tidak. Karena yang seharusnya dibutuhkan adalah pembuktian. Bukan hanya perkataan semata bak menangkap angin diujung senja.

Sudahkah kita sendiri berkaca (?)
Jangan hanya berkomentar semata,
Jangan hanya menuduh dan menghakimi saja,
Jika kau bermasalah dengan seseorang, jangan perpanjang dengan menyebar sebuah berita yang tak tentu benar adanya.
Apakah ada jaminan jika apa yang dikatakan adalah fakta (?)

Kita manusia, jadilah manusia sewajarnya. Jangan dustai diri sendiri, apalagi orang lain. Berusaha untuk menghargai orang lain itu penting. Hargai orang lain jika kamu ingin dihargai. Jangan sakiti orang lain jika kamu tak mau tersakiti.
Kita manusia, yang adanya saling membutuhkan satu dengan lainnya. Jangan suka iri dengan kepunyaan orang lain. Bersyukurlah, karena nikmat Tuhan tiada tara. Jika kamu tak tau mana nikmat Tuhanmu itu, mungkin kamu belum menyadarinya.
Untuk itu, kita semua perlu berkaca~
ELD

Komentar