KESALAHAN

Ketika kamu tau ada yang salah, apa yang harus kamu lalukan. Apakah hanya diam sebagai saksi bisu, atau membenarkan yang salah. Pada hakikatnya remaja yang menduduki bangku SMA sudah mampu berfikir logis dan berfikir kondisional. Bisa tau mana yang baiknya dilakukan maupun mana yang harusnya dilakukan. Bisa paham mana yang benar dan mana yang salah. Bisa memilih perilaku yang sebaiknya memang dilakukan dan menghindari suatu perilaku yang baiknya tidak dilakukan.

Sederhana saja. Sebentar lagi kita akan beranjak dewasa. Kita bukan anak kecil(lagi). Jangan terlalu larut bersenang senang sampai kamu sendiri lupa caranya bersedih dan bersusah hati. Jangan kamu suka bermain main sampai kamu tak tau dimana tempatnya kamu harus serius.

Anggap saja begini, jika seseorang melakukan kesalahan kepadamu nyatanya orang itu manusia. Ia juga bisa salah. Tapi jangan sesekali kamu mencoba berbuat salah dengan disengaja kepada orang lain. Apalagi menyakiti orang lain, jangan mengusik jika kamu tak mau diusik.

Kesalahan itu wajar, tapi jika terus menerus berulang itu sudah keluar dari batas wajar. Harusnya pandanglah kesalahan sebagai pelajaran. Jangan jatuh di lubang yang sama.

Guruku pernah berkata "Tujuan sekolah adalah mencari ilmu agar kita tau suatu kebenaran" pendeknya Kebenaran diketahui ketika kita tau ilmu. Remaja ini ilmu itu berserakan, tapi kita yang kadang lupa bahkan acuh terhadapnya. Mungkin jika ilmu adalah manusia maka Ia telah muak diacuhkan.

Hey bangun. Jangan terpuruk dalam kesalahanmu!! Perbaiki retakan retakan kesalahan itu!! Nanti kalau sudah terlambat baru tau!!
Semangat!!!
ELD

Komentar