Perbaiki Diri Sebelum Terlambat



Hai kawan,apa kabar?
Semoga kalian semua baik baik saja ya.
Hmm.. malam ini aku mendapat suatu pengakuan luar biasa dari kawanku. Kawanku yang satu ini sangat baik padaku juga sering menolongku. Dan bila diperhatikan memang dia baik pada semua orang. Dia sangat baik pada siapapun maka dari itu banyak anak di kelasku yang senang berteman dengannya. 

Malam ini dia meminta maaf padaku. Aku bingung mengapa dia meminta maaf. Dia bilang bahwa dia minta maaf karena terkadang dia munafik dalam arti di depanku dia senang dan baik denganku namun ketika di belakangku dia juga pernah ikut membicarakanku dengan orang lain namun dia bilang bahwa itu hanya karena rasa irinya padaku. Wow, pertama kali aku memiliki kawan yang bisa jujur seperti dia. Aku tak dapat berkata apapun. Dia terus minta maaf. Aku bertanya apa yang kawan kawan lain bicarakan dibelakangku? Ternyata mereka membicarakan aku karena aku selalu dilebih lebihkan atau dibangga banggakan oleh guru ataupun orang lain. Ya, memang aku sering merasa tidak enak akan hal itu. Setiap hari bahkan aku selalu mendapat pujian dari guru di kelas.

Hmm.. aku pun merasa tak nyaman bila guru terlalu membangga banggakan aku di depan kawan sekelasku. Meskipun aku tau maksud dari semua itu. Itu adalah motivasi untuk teman sekelasku agar mereka rajin belajar. Aku paham, itu hanya perlu waktu untuk memahami bahwa maksud dari orang lain yang membangga banggakan aku adalah agar kawan kawanku terdorong untuk maju. Aku berfikir mungkin karena banyak kawanku yang belum paham. Namun sekarang aku sudah kelas 2 sma. Aku hadapi itu dengan tabah. 

Meskipun aku tak tau siapa saja yang membicarakanki dibelakangku namun Tuhan tau. Mengertilah kawan aku juga manusia, aku juga memiliki perasaan aku juga dapat merasakan apa yang dirasakan saat ada di posisi kalian. Namun kita sudah beranjak dewasa anggaplah pujian guru atau orang lain padaku sebagai motivasi bukan sebagai bahan untuk kalian perbincangkan. Aku juga punya hati, yang bisa merasa perih saat orang lain membicarakan hal hal buruk tentangku. Mungkin aku memang tidak pantas dikenang oleh kalian. 

Terkadang aku berfikir apakah salah bila aku dipuji banyak orang? Bagiku pujian adalah suatu wadah untuk aku lebih bisa meningkatkan potensi diriku. Dan orang lain yang mendapat pujian adalah cermin untukku berkaca agar aku lebih baik dari dia.
Ah kisah ini sungguh. Namun aku tak apa. Aku bahagia ada kawan yang berani meminta maaf dan mengungkapkan keluh kesahnya padaku. Aku menjadi termotivasi seperti dia, untuk berubah menjadi yang lebih baik dimulai dengan menjaga perkataan.

Kalian semua juga harus coba! Ayi perbaiki diri sebelum terlambat

ELD

Komentar