SEKOLAH TANPA GADGET?



Handphone modern atau sering disebut dengan sebutan gadget memang tak lepas dari kehidupan manusia saat ini, terlebih kehidupan remaja saat ini. Sesungguhnya, gadget sangat bermanfaat bagi kehidupan apabila tidak disalahgunakan. Dengan maraknya aplikasi modern saat ini bahkan kita dapat berkeliling dunia dengan mudah, seakan dunia dalam genggaman kita.
Bermain gadget memiliki banyak manfaat terutama untuk media mencari informasi dan komunikasi. Namun saat ini gadget banyak disalahgunakan untuk media pamer di social media. Sebenarnya tidak salah apabila kita menggunakan social media asalkan kita dapat memanfaatkan social media untuk hal-hal yang positif dan tidak salah dalam menggunakannya.
Wifi. Kata yang tidak lepas dari gadget. Kehadiran keduanya sangat bersimbiosis mutualisme. Kehadiran wifi sekarang merajalela dimana-mana. Yang akan saya bahas kali ini adadah kehadiran wifi dan gadget di sekolah.
Hakikatnya sekolah merupakan tempat menimba ilmu untuk menggapai impian seseorang. Biasanya wifi dan gadget sangat digemari remaja smp dan sma. Dewasa ini, banyak sekolah menengah atas yang melarang siswanya membawa gadget ke sekolah. Sekalipun siswa membawa harus dititipkan di sekolah.
Saya setuju dengan hal tersebut karena meskipun gadget sangat bermanfaat bagi siswa jika ingin mencari informasi tentang pelajaran di sekolah nyatanya ada juga yang menyalahgunakan kesempatan tersebut. Disaat seharusnya gadget dan wifi digunakan untuk mencari informasi tentang pelajaran ada juga siswa yang menggunakan gadget dan wifi sebagai sarana bermain social media miliknya . Memang tidak semua siswa seperti demikian, namun gerkan sekolah tanpa gadget memang sangat dibutuhkan agar para siswa focus untuk belajar di sekolah. Bukan berarti sekolah tidak percaya kepada para siswanya, namun demi kepentingan bersama tidak ada salahnya mencegah daripada teknologi yang harusnya dimanfatkan dengan baik malah disalahgunakan.
Bagi para remaja, jangan bersedih apabila kalian tidak diperbolehkan membawa gadget ke sekolah, kalian dapat bermain gadget di rumah. Seharusnya kalian senang dengan hal demikian, apabila tidak ada gadget kalian akan lebih focus dalam pelajaran di sekolah untuk focus menggapai cita-cita kalian. Janganlah kalian tergantung pada gadget. Bagi kalian yang sekolahnya belum atau tidak melarang siswanya untuk membawa gadget kalian bisa tetap membawanya namun jangan disalahgunakan, gunakanlah sesuai dengan kepentingan dan tetaplah focus belajar di sekolah. Jangan sampai kalian terlena akan indahnya teknologi yang semaikn lama semakin membuai kalian.
Semangat belajar kawan J.

Komentar