GERAKAN LITERASI MENUJU INDONESIA LEBIH BAIK



Hai, happy weekend kawan. Gimana kabarnya? Semoga kalian semua dalam keadaan baik-baik saja. Wah nggak terasa kita udah lama masuk sekolah setelah libur panjang ya, gimana sekolahnya? Harus semangat pastinya.
Sekolah saya sedang menggagas gerakan literasi sekolah dan saya merasa senang dengan gerakan tersebut. Kenapa? Karena dalam gerakan literasi sekolah setiap lima belas menit sebelum pelajaran dimulai kita harus membaca buku selain buku pelajaran kemudian kita menyimpulkan inti dari buku bacaan tersebut. Menarik bukan? Hal tersebut sangat berfungsi untuk membangun generasi anak bangsa yang senang membaca. Jujur saya prihatin dengan persentase minat baca di negara kita. Dari sekian banyak orang, minat baca di negara kita hanya 0,001% . Apabila dibandingkan dengan negra lain sungguh terlampau jauh.
Kita dapat mencontoh negara Jepang, persentase minat baca disana hamper 90%. Wow, mengagumkan. Kita sebagai masyarakat Indonesia yang kini telah dibanjiri oleh teknologi modern seharusnya tidak boleh kalah dengan negara-negara lain di dunia. Para pemuda sebagai calon generasi anak pembangun Indonesia maju harus memiliki minat baca yang tinggi. Membaca itu banyak manfaatnya kawan, mulailah untuk menyenangi apa itu membaca mulai saat ini. Terlebih dengan didukung oleh teknologi yang semakin hari semakin modern, kita manfaatkan hal tersebut . Kita bisa download buku di internet, buku yang bermanfaat pastinya, bisa buku cerita, novel, buku motivasi, buku sejarah, buku penemuan-penemuan, buku humor, dan masih banyak yang lain.
Kalian juga dapat memulai dengan membeli satu buku kemudian saling bertukar buku apabila telah selesai membaca buku kalian dengan teman kalian, agar kalian juga dapat bertukar informasi. Selain itu kalian dapat menggunakan fasilitas perpustakaan umum ataupaun fasilitas perpustakaan sekolah kalian. Mulailah rajin meminjam buku bacaan untuk dibaca di rumah.
Ayo kawan, mulai dari sekarang cintailah membaca, meskipun berawal dari membaca komik, koran, majalah ataupun buku apa saja. Membaca itu tidak ada ruginya, kita dapat menambah wawasan kita dengan membaca. Untuk membangun Indonesia yang lebih baik mari kita sukseskan gerakan litersi di seluruh Indonesia. Semangat , dan selamat mencoba. Mari membaca J.

Komentar