BERPORSI🍜

Kali ini aku bakal bahas hal-hal yang krusial ditelingaku atau bahkan ditelinga banyak orang. Kebanyakan orang dizaman ini terlalu banyak yang mendewakan dirinya diatas orang lain. Intinya menurutku sih terlalu banyak yang ingin menunjukkan dirinya dan tentu saja yang ditunjukkan adalah kelebihannya. Ada sih satu hal yang masih membuatku heran sampai saat ini. Makin hari makin heran aja si sama pemikiran orang-orang (disini lebih tepatnya sebagian orang). 

Pertama, kayaknya banyak orang yang cuma ngeiyain kalo hidup masing-masing orang itu beda, tetapi praktiknya tetep aja nyama-nyamain sama hidup orang lain. Gimana ya, udah tau kan kalo setiap orang punya porsinya masing-masing, ibaratnya ya udah tau kalo tiap orang punya jalan masing-masing tapi ada aja yang gapaham gimana caranya hidup dengan keheterogenan ini. Ya lucu aja si menurutku. Aku ngomong se-enteng ini karena emang aku merasakannya, terutama saat aku udah masuk kuliah. Gini ya, dari sisi kampus misal, kampusnya aja beda, udah jelas dong kehidupan di dalamnya juga beda. Dan please trust me when I say kalo kehidupan di kampusku gabakal bisa disamain sama kampus-kampus lain. Kemaren aku sempet ngobrol sama temenku dari kampus yang beda, dan ternyata dia juga merasakan kerisauan yang sama. Intinya stoplah banding-bandingin kehidupan disini dan dimanapun itu. Parameternya tuh ngga seringan perkataan "Lu gitu aja cape, kalo disini sih gue masih bisa santai," trus "Allllllaaaah paling juga gampang kek gitu mah,". Hmm see? Please jangan merendahkan apapun yang orang lain lakukan ya!! It hurt someone :")) 

Kedua, kalo misal ada orang yang suka bandingin kehidupan dia sama kehidupan orang trus mikir semau dia sebenernya itu tuh hanya opini dalam pikiran masing-masing. Jadi faktanya adalah jika memang mau tau, denger cerita aja ngga cukup. Terjun langsung ke dunianya baru bakalan tau. 

Sebenernya orang Indonesia itu pinter semua. Terutama banget ni pintar mengkritisi hidup orang lain. Sayangnya ada satu yang kurang. Kritis saja tidak cukup, karena kritis butuh dasar dan dibalik hal yang kita kritisi butuh solusi. Ya udah tau juga kan kalo tiap orang hidup berporsi. Udah tau juga porsinya ngga sama. Sayang, kurang kepekaan aja.

Sekali lagi aku katakan bahwa hargai perjalanan setiap orang. Jangan dikit-dikit bilang "Gitu mah gampang,". Kita itu manusia, bukan Tuhan yang tau keluh dan senang setiap insan. Kita ngga tau seberapa keras setiap orang berusaha. Kita juga gatau seberapa mudah orang menjalani kehidupannya. Apa yang kita tau? Tau kan kalo hidup tiap orang beda-beda? Tau harus gimana? Hargai, bukan malah menjatuhkan kehidupan orang dengan tajamnya perkataan. Terlalu banyak pemikiran "Kok kamu gini si?" sampai lupa kalau ada pertanyaan "Kok bisa kamu mikir begitu padahal kamu tidak mejalaninya?".

Sebegitu lucu permikiran anak muda.
Wah, aku terkesima. Eh, apa ada yang ngerasa hal yang sama? wkwk. 

Komentar