FROM SCHOOL TO THE REAL LIFE

Semakin hari berlalu, semakin kita belajar. Bahwa saat itu kita menua. Bertambah usia dan harusnya sebagai manusia yang semakin dewasa pemikiran kita menjadi lebih dewasa pula. Tanggung jawab, setiap detik kita tak pernah lepas dari tanggung jawab. Jangan jadikan tanggung jawab itu beban, jadikan tanggung jawab adalah kekuatan. Setiap kamu diberi suatu tanggung jawab itu artinya mereka percaya bahwa kamu bisa.

Jadilah manusia yang bertanggungjawab. Bisa mengemban segala tugas dengan baik, tanpa mengeluh dan tanpa melimpahkan tanggung jawab itu kepada orang lain. Hakikatnya pada masa remaja adalah masa masa dimana seseorang belum terlalu banyak tanggung jawab dan masih buta akan tanggung jawab di kemudian hari. Tapi ketahuilah di depan sana telah ada tanggung jawab yang menunggumu.

Oleh karena itu, saat ini para remaja harusnya belajar, belajar bertanggungjawab dari hal hal kecil. Mungkin sekarang masih belum sadar, tapi kelak ketika dewasa pasti kita akan dihadapkan dengan tanggung jawab yang makin besar. Mungkin banyak para remaja yang hura hura maupun tenggelam dalam kenikmatan dunia yang tak kekal ini, harusnya memang tidak begitu. Bersenang senang itu boleh tapi ingat saat ini kalian sedang dididik, diajari, dan ditempa untuk melangkah menuju dunia luar yang sesungguhnya.

Anggap saja begini, kita para remaja SMA pergi sekolah setiap hari hari sekolah. Belajar, berhadapan dengan soal soal, mengerjakan tugas, bekerja kelompok, kena marah guru, diceramahi guru, bahkan dihukum guru. Pahit dan manisnya memang benar begitu, tapi jauh disana ada tujuan untuk mendidik kita semua agar kita mampu berhadapan dengan dunia luar. Ada sebuah kutipan dari film Harry Potter yang aku ingat "Menghadapi hal di kehidupan yang sesungguhnya berbeda dengan menghadapi hal di sekolah. Di sekolah jika kamu melakukan kesalahan kamu dapat memperbaikinya, tapi ketika kamu dihadapkan dengan hal di luar sana disaat kamu dekat dengan kematian, kamu tak tau bagaimana rasanya," . Ya, mari kita semua belajar, agar kita siap untuk menghadapi jalan diri kita kedepannya. Meskipun sulit dan berat.. rasakan saja sensasinya.

Jadilah orang yang bertanggungjawab.
ELD

Komentar